Sabtu, 19 Maret 2011

why people doesn't want to think?

"Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang ada dilangit dan apa yang di bumi semuanya, [sebagai rahmat] dariNya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda [kekuasaan Allah] bagi kaum yang berpikir."(QS.Al-Jaatsiyah 45:13)

           Berpikir...Kata ini mungkin bagi sebagian orang menjadi momok  yang menakutkan. Telunjuk menyentuh dahi, berkeringat,menjadi orang yang linglung dan tidak memikirkan orang lain ...merupakan gambaran bagaimana seseorang sedang berpikir.
            Tetapi tidak demikian! Seorang muslim diwajibkan untuk senantiasa berpikirdi dalam merenungi ayat-ayat Allah...dan caranyapun tadak seperti di atas.Itu hanya gambaran yang dibesar-besarkan oleh orng yang tidak mau berpikir.
            Didalam buku Deep Thinkng,salah satu karya besar pemikir islam Adnan Oktar (Harun Yahya) disebutkan beberapa faktor yang menyebabkan kita malas berpikir dan merenungi ayat-ayat Allah ...suatu hal yang dapat menjerumuskan kita kedalam jurang dosa dan kenistaan.
             Beberapa faktor tersebut adalah:
1.Tidak Mau Tahu
Kita biasanya lebih cenderung menerima apa yang diberitahukan orang, daripada berpikir untuk meneliti dan memikirkan apa yang kita lihat.
2.Tidak Kreatif
Kita biasanya mengerjaka sesuatu sebagaimana yang pernah kita saksikan  dan yang terbiasa kita lakukan, tanpa berusaha berpikir untuk mencari cara baru yang mungkin lebih efektif dan praktis dilakukan.
3.Melihat Tanpa Berpikir Dan Merenungi 
Kita melihat gambaran alam ini sebagai sesuatu yang biasa,tanpa adanya perenungan yang lebih dalam tentang keajaiban-keajaiban yang ada didalamnya.Jadi, coba lihat lebih dalam dan berpikirlah!
4.Tergesa-gesa
Salah satu sifat dasar manusia adalah selalu tergesa-gesa...sehingga tidak sempat untuk berpikir karena kesibukan, dan coba renungkan hal-hal yang Anda lihat.    
           Sebagai makhluk yang diberi akal, sebaiknya kita mulai mengembangkan kemampuan akal kita ketingkat yang lebih tinggi. Bukankah kita ingin lebih maju, seperti yang pernah dialami umat islam pada zaman atau masa Rasulullah SAW dan para khalifahnya?
             Nah berikut ini ada ujian yang sederhana. Ujian ini berguna sekali untuk melihat kamampuan berpikir dan memperhatikan. Di lukisan ini ada gambar wajah-wajah manusia, beraneka ragam. Nah carilah wajah sebanyak-banyaknya dalam waktu hanya 30 detik. Selamat mencoba!
             Jika menemukan 4-6 wajah dalam waktu tersebut berarti kita tidak terbiasa berpikir. Jika 7-8, maka kita sudah mulai berpikir. Jika 9 berarti kempuan berpikir kita biasa dugunakan. Jika 10 berarti kita sudah sering berpikir dan memperhatikan. Dan jika 11, wah... teruslah berkembang karena mungkin kamulah calon cendikiawan islam. Cobalah berulang-ulang dalam waktu yang sama, temukan lebih banyak. Jadi biasakanlah! dan jangan lupa baca basmalah dan ikhlas untuk mencari ridla Allah.                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar